Beranda > Cerita, Informasi > Apa itu Teknik Planologi / Perencanaan Wilayah dan Kota?

Apa itu Teknik Planologi / Perencanaan Wilayah dan Kota?


Tulisan ini saya buat untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang sering ditanyakan kepada saya mengenai bidang ilmu yang saya pelajari yaitu TEKNIK PLANOLOGI atau PERENCANAAN WILAYAH DAN KOTA.

Saya mencoba untuk menjelaskan apa itu Teknik Planologi atau Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) secara sederhana dan akan memaparkannya dalam bentuk pertanyaan dan jawaban di bawah ini:

T: Apakah Teknik Planologi atau Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) itu?

J: Teknik Planologi atau PWK adalah ilmu yang mempelajari perencanaan suatu kota atau wilayah-wilayah. Dalam bahasa yang lebih sederhana, Teknik Planologi atau Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) adalah ilmu tata kota.

T: Seperti arsitektur?

J: Tidak. Berbeda dengan arsitektur. PWK tidak merancang bangunan per bangunan, tapi langsung merencanakan suatu kota atau wilayah. Kuliah di Perencanaan Wilayah dan Kota itu tidak harus pintar menggambar, yang penting punya imajinasi tinggi, daya analisis kuat dan kreatif.

Buat yang sering bermain game PC mungkin tahu game Sim City? Seperti itulah hal-hal yang dipelajari di PWK.

T: Apa yang dipelajari di PWK?

J: Banyak… macam-macam. Yang dipelajari tidak melulu teknik atau hitung-hitungan. Sosial dan kemasyarakatan, teori-teori perencanaan kota dan wilayah, pengetahuan peta, statistika, serta software-software pendukung perencanaan, teori-teori sosial, hukum, kajian lingkungan, sistem transportasi, perumahan, serta teknik-teknik dan ilmu komunikasi juga dipelajari di PWK.

T: Setelah lulus?

J: Sama seperti lulusan fakultas teknik lainnya, lulusan PWK berhak menggunakan gelar Sarjana Teknik (S.T). Lulusan PWK bisa bekerja di konsultan-konsultan perencanaan atau di instansi-instansi pemerintah seperti Kementerian Pekerjaan Umum, Badan Perencanaan Pembangunan Nasional /Daerah (Bappenas/Bappeda), Dinas Permukiman dan Prasarana Wilayah, atau menjadi penentu kebijakan/pemimpin daerah. Selain itu juga bisa bekerja menjadi dosen, pemerhati/pengamat kota, pengembang perumahan dan lain-lain.

Itulah paparan sederhana saya tentang teknik planologi atau Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK). Semoga menambah wawasan anda!

About these ads
Kategori:Cerita, Informasi
  1. ito
    04/01/2011 pukul 23:09 | #1

    wah membantu saya yang mau cari fakultas ini :D hehe

  2. Shandy
    12/02/2011 pukul 15:53 | #3

    Sebenarnya ortu saya menganjurkan buat masuk planologi.. Tapi,aku masih belum mantap..

  3. shandy
    13/02/2011 pukul 11:46 | #4

    sebenernya ortu nyaranin buat daftar planologi UNDIP..
    tapi akunya sendiri masih belum mantap..
    gimana ya biar memantapkan pilihan???

    • 13/02/2011 pukul 18:54 | #5

      Buat Shandy: Saran saya adalah lebih baik kamu pilih jurusan yg sesuai dengan pilihan/keinginan kamu sendiri. Kalo memang merasa tidak mantap, lebih baik jangan dipilih. Tapi kalo mau memantapkan pilihan, kamu bisa sering-sering melihat referensi tentang jurusan yang kamu pilih. Itu aja.
      Oh ya…sekadar referensi, kamu bisa kunjungi juga postingan saya yang ini: klik disini

  4. Shandy
    15/02/2011 pukul 14:55 | #6

    Terima kasih sarannya… :)

  5. robi
    06/06/2011 pukul 15:05 | #7

    wahh terima kasih kasih banyak sangat membantu,kebetulan saya memilih jurusan ini

  6. adelina oinike
    01/07/2011 pukul 20:35 | #8

    untuk peluang lapangan kerja ke depannya bagaimana ya?banyak apa ga?atau ada pnsnya?hhehhe,tq

    • 16/07/2011 pukul 14:21 | #9

      untuk peluang lapangan kerja selalu ada, misalnya bekerja di pemerintahan (PNS), dosen, konsultan perencanaan, pengusaha property, dll. Semoga membantu anda!

  7. Akbar
    04/07/2011 pukul 09:53 | #10

    Salam Planology…

    BY calon Planolog / planner MAKASSAR . . . . .

  8. ardy
    27/07/2011 pukul 16:32 | #11

    I LIKE PLANOLOGY

  9. Febrianto
    14/09/2011 pukul 19:15 | #12

    mantappppppp……

  10. dika
    25/09/2011 pukul 14:19 | #13

    aku pingin masuk PWK ,, tapi aku takut pelajarannya tentang ngambar2 atau deain2 bangunan .. soalnya aku gak bisa nggambar .. :( ,, minta solusinya ..?? mkasi ..

    • 10/10/2011 pukul 21:16 | #14

      Yes…planologi belajar tentang gambar, tapi gambar peta. Jadi, buat kamu yg nggak bisa gambar, nggak usah khawatir untuk masuk planologi. Karena esensi ilmu planologi itu sendiri bukanlah gambar, melainkan konsep. Gambar hanya memperjelas konsep saja.

  11. mutiara
    20/11/2011 pukul 17:44 | #15

    sipp mantap infonya !!! pingin banget masuk PWK :)

  12. ina
    28/11/2011 pukul 22:06 | #16

    Fakultas PWK yang bagus itu dimana? Kira-kira lebih bagus yang negeri dibanding swasta atau sebaliknya?

    • 03/12/2011 pukul 23:35 | #17

      Program studi PWK sudah ada di beberapa universitas, baik negeri atau swasta, misalnya UGM, ITB, ITS, Undip, Unbraw, Unhas (negeri) atau STTNAS Yogyakarta, Universitas Pakuan Bogor (swasta). Tiap perguruan tinggi biasanya memiliki ciri khas pengajarannya tersendiri. Di UGM misalnya, PWK-nya lebih kepada perencanaan spasial dan berbasis masyarakat. Sedangkan di ITB biasanya lebih banyak mencari keidealan (lebih banyak hitungnya).

      Kalau untuk bagus, saya sarankan untuk masuk PWK yg telah terakreditasi A.
      PWK UGM dan PWK ITB sudah terakreditasi A dan memiliki sebaran alumni yg cukup banyak.

      Semoga membantu!

      • denny
        27/10/2013 pukul 21:43 | #18

        UNISBA mas jangan lupa ! jurusan tertua setelah ITB

  13. 29/12/2011 pukul 19:35 | #19

    bagus tuh friend infonya..,

  14. Rany
    02/01/2012 pukul 10:06 | #20

    bagus y… kira2 kalau program magisternya ada g ya? sy latar belakang s1 kehutanan n masih buta soal pemetaan. kira2 bisa g ya adaptasi dg materi itu?

    • 05/01/2012 pukul 23:17 | #21

      Program magisternya ada, yaitu Magister Perencanaan Kota dan Daerah. Setelah lulus dari program magister itu, Anda berhak menggunakan titel M.Sc

      Selayaknya program magister, Anda akan mengikuti matrikulasi bila berasal dari luar disiplin ilmu ini. Jadi, kalau memang minat, Anda dapat mendaftarkan diri dalam program ini. Setahu saya, ITB dan UGM sudah memiliki program magister perencanaan kota dan daerah.

  15. reyan kakat
    08/01/2012 pukul 00:48 | #22

    I LOVE YOU planologi huhuhuhu asik masuk planologi bisa jalan-jalan kelur kota dan daerah mana pun kita kunjungi huhuhu asssssseeekk,,,,,,,,,?
    tp banyak sekali tugas-tugas dari dosenku apalagi mata kulia katogarafi huffff
    otak mau picah apa lagi di suruh menghitung ?
    tp aku harus semangat untuk masa depan aku ?………………….?

    I LOVE U PWK 45 MAKASSAR……………………………?

  16. Fafa
    08/01/2012 pukul 01:22 | #23

    Infonya sipp. .
    membantu saya dan jd mkin mantap memilih PWK

  17. 10/01/2012 pukul 16:33 | #25

    bagaimana dengan sarjana perencanaan wilayah kota perempuan ?
    lulusannya dapat bekerja sebagai apa ? dimana ?

    • 12/01/2012 pukul 09:18 | #26

      Baik sarjana lulusan PWK laki-laki atau perempuan, peluang kerjanya sama.
      Jadi, anda tidak perlu khawatir soal perbedaan jender.
      Mengenai apa peluang kerja dan dimana kerjanya, sudah saya sebutkan sebagaimana pada postingan blog ini.

      Mudah-mudahan dapat menjawab pertanyaan anda.

  18. 17/01/2012 pukul 19:34 | #27

    hitung2an dalam planologi itu hitung2an yg seperti apa? untuk masuk planologi jurusan ipa/ips? pingin masuk planologi tp takut hitung2annya rumit soalnya saya agak lemah dlm matematika

    • 19/01/2012 pukul 23:33 | #28

      Itu tergantung ke perguruan tinggi mana anda belajar planologi. Sebagai gambaran, di UGM, yg ilmu planologi-nya lebih kepada perencanaan spasial dan masyarakat, anda akan mendapatkan mata kuliah matematika dan statistika. Kedua mata kuliah tersebut tidak jauh berbeda dengan pelajaran matematika yang anda terima saat SMA. Itu pun hanya anda dapatkan saat semester awal. Mungkin keadaannya akan berbeda bila anda masuk planologi di kampus lain. ITB misalnya, yang memang terkenal dengan kampus yg penuh “hitung-hitungan”.

      Tidak usah takut masuk planologi bila matematikanya lemah. Matematika hanya secuil mata kuliah yg anda dapatkan di planologi. Masih banyak mata kuliah lain yg bisa anda pelajari lebih dalam. Matematika lemah tidak akan merusak esensi ilmu planologi yg akan anda dapatkan.

      Untuk masuk planologi, baik IPA atau IPS dapat diterima.

  19. reyan
    22/01/2012 pukul 21:54 | #29

    pusing-pusing trnyata masuk pwk tdk segapang itu ya .

  20. EgGy’
    19/02/2012 pukul 10:12 | #30

    Nambah dikit >>> hehehe….

    ARSITEK : Mempelajari dalam skala mikro (merncang suatu bangunan tanpa melihat dampak 5-10 taon kdepan trus tgasnx slesai)

    PWK : Mempelajari dalam skala makro (merencanakan keberlangsungan pembangunan dalam kota/wilayah agar suatu kota memiliki tingkat keamanan,nyaman,tentram,dan menjaga kestabilan kualitas hidupnx agar ttp tinggi)

    >> Slam kompak mahasiswa buat tman2 PlanoloGi se indonesia <<
    By_PWK UNSRAT (Manado)

  21. ilham
    01/04/2012 pukul 07:52 | #31

    mantaps………….ringkas,efisien dan menyeluruh……….!

  22. 06/04/2012 pukul 11:17 | #32

    oya, klo teknik pwk undip bagus ga?
    terus, buat tahun 2012 ini passing grade nya kira-kira berapa ya?
    makasih

    • 10/04/2012 pukul 12:29 | #33

      Untuk sdri Kiki,terus terang saya tidak tau variabel bagus yg dimaksud sdri Kiki itu apa? Tapi bila yg dimaksud bagus adalah bagus pengajarannya, Undip merupakan universitas negeri yg cukup bagus.

      Mengenai passing grade 2012 pun saya tidak tau persis, tetapi sdri Kiki boleh mendasarkan pada passing grade teknik pada umumnya.

      Semoga membantu!

  23. 20/04/2012 pukul 12:34 | #34

    planologi tumbuh menjadi cinta di hati \m/
    UNDIP ’11

  24. ozi
    17/05/2012 pukul 08:57 | #35

    saya ingin masuk jurusan pwk tetapi orang tua belum yakin dengan peluang kerjanya, kira kira peluang kerja pwk gimana ya?

    • 18/05/2012 pukul 13:03 | #36

      Sebenarnya, sarjana PWK sangat dibutuhkan dan dicari di Indonesia, hanya memang dalam proses perekrutan tenaga kerja, banyak yang masih menggunakan sistem close recruitment atau perekrutan tertutup, yaitu perekrutan yang dilakukan secara tidak terbuka lewat info lowongan pekerjaan (misal lewat jobfair atau jobstreet, dll). Kebanyakan info lowongan disebarkan terbatas pada komunitas planologi sendiri. Jadi, anda dituntut untuk aktif mengaktualisasi diri. Jangan lupa untuk gabung juga di milis planologi Indonesia karena banyak info seminar atau lowongan kerja yang disebar disana.

      Peluang kerja setelah lulus kuliah PWK sudah saya sebutkan di postingan ini, semoga membantu!

  25. Farikha bilqis
    30/05/2012 pukul 14:01 | #37

    Kira2 biaya masuk berapa ya?
    Dan berapa tahun ideal blajar pwk?

    • 08/06/2012 pukul 21:16 | #38

      Farikha Bilqis…

      Untuk biaya masuk sendiri hal tsb merupakan kebijakan masing-masing kampus, jadi kamu bisa mencari info lebih lanjut ke kampus yang kamu mau pilih.

      Belajar tidak pernah mengenal kata berhenti. Mungkin maksud kamu, berapa tahun idealnya seseorang lulus kuliah PWK?

      Pada umumnya, kuliah di PWK dapat diselesaikan dalam jangka waktu empat tahun. Lepas dari kuliah, maka kamu berhak menerima gelar Sarjana Teknik.

      Demikian, semoga menjawab pertanyaanmu.

  26. 21/06/2012 pukul 19:28 | #39

    mau cari info ne,,PWK yang d swasta ada ngax,n dimana ya?

    • 17/07/2012 pukul 07:33 | #40

      Sudah banyak PT Swasta yg membuka jurusan PWK, contohnya Universitas Pakuan Bogor, STTNAS Yogyakarta. Saran saya, pilihlah yg sudah terakreditasi.

  27. andre
    09/07/2012 pukul 14:27 | #41

    saya diterima di planologi ugm

    mau tanya, kalau lulus planologi bisa mroyek ga ? hehe..

    • 17/07/2012 pukul 07:37 | #42

      Selamat!
      Untuk mroyek itu tergantung kita sendiri. Kalau kerja jadi dosen, PNS, atau konsultan, tentu saja bisa mroyek :)

  28. Fithrothul
    09/08/2012 pukul 11:45 | #43

    oya kak..
    saya mau tanya, tantangan terbesar kuliah di PWK itu apa ya?

    • 17/08/2012 pukul 09:48 | #44

      Tantangannya adalah ketahanan utk jalan-jalan ke daerah2 dan menghadapi dinamika permadalahan kota dan kelompok kerja. Kami dilatih utk memiliki visi, solusi kreatif dan kemampuan organisasi dan komunikasi yg sesuai utk setiap permasalahan wilayah yg akan dihadapi.

  29. 18/08/2012 pukul 23:09 | #45

    mau nanya dong….

    1. Apa perlu bgt ngusai aplikasi sprti corel dll dlm planologi ?
    2. Tantangan terbesar dlm planologi tu apa kira – kira ? dan perlu mental yg kuat ngak ?
    3. Ayah saya bilang jika lulusan planologi skrg di indonesia masih sedikit dan sgt dibutuhkan, apa benar ?
    4. Doakan saya masuk planologi UGM / Unibraw :D :D

    sekian dan terimakasih :)))

    • 31/08/2012 pukul 15:22 | #46

      Dwi, saya jawab pertanyaannya.

      1. Penguasaan aplikasi corel tidak terlalu penting untuk planologi, tetapi menguasainya akan menjadi nilai tambah. Malah, aplikasi yang diperlukan oleh planologi bukanlah corel, melainkan GIS atau ArcView, yaitu aplikasi pemetaan.

      2.Sama seperti belajar ilmu lainnya, dibutuhkan mental yang tangguh dan siap untuk belajar. Pastikan kembali tujuan kamu untuk kuliah itu apa, apakah untuk belajar atau untuk hal lainnya.

      3. Lulusan planologi sudah banyak dan memang sangat dibutuhkan. Tetapi peluang kerja lulusan planologi terbatas, yaitu sebagai perencana, baik di tingkat daerah atau nasional, atau pihak swasta.

      4. Semoga sukses!

  30. 09/09/2012 pukul 11:47 | #47

    Saya berencana mau ambil kuliah Magister PWK (UNDIV, PWK (ITB), PWK&daerah (UGM), saya mau nanya penulisan gelar dari ketiga jurusan tersebut? dan apakah saya akan kesulitan karena latar S1 saya adalah Ekonomi Manajemen? Mohon dibalas juga ke Email: Nawankadmaja@gmail.com

  31. devi
    23/09/2012 pukul 07:57 | #48

    Adakah persyaratan2 tertentu untuk masuk ke jurusan ini? misalnya tidak minus, dan harus menguasai software2 tertentu?

    • 13/01/2013 pukul 09:30 | #49

      Tidak ada syarat-syarat khusus untuk jurusan planologi.

  32. Mega Purba
    24/09/2012 pukul 18:27 | #50

    bagai mana pendapat anda untuk lanjutan S1 arsitektur ke S2 Pwk??

    • 13/01/2013 pukul 09:31 | #51

      Tidak ada masalah, kedua ilmu tersebut berkaitan erat.

  33. 26/09/2012 pukul 19:29 | #52

    kira-kira mendingan yang mana nih antara jurusan ilmu komputer sama planologi

    • 13/01/2013 pukul 09:33 | #53

      Anda lebih tau tentang diri Anda dibandinkan saya. Coba sesuaikan dengan minat Anda.

  34. 18/10/2012 pukul 13:12 | #54

    kira2 di perguruan tinggi mana ya yang peminat untuk jurusan PWK nya tidak terlalu banyak? tlg infonya. tims

  35. 11/11/2012 pukul 10:37 | #56

    lulusan planologi lagi dibutuhkan buat sekarang jangan ragu . saya sebagai mahasiswa planologi ITM , sangat antusias dalam mempelajari aspek2 mengenai planologi . :D the planner chage image to be real ! salam PLANO
    calon planner dr kota medan :D

  36. Faizal
    28/12/2012 pukul 22:20 | #57

    Saya ini anak IPS dan saya tertarik dengan teknik planologi ini, apa anak IPS bisa masuk fakultas planologi?
    Saya baru2 aja tau ada teknik planologi ini dan karena saya suka main game simulasi kota kaya Sim city atau CitiesXL saya jadi tertartik dengan teknik planologi ini hehe :D

  37. Febrilian Putri
    06/01/2013 pukul 16:20 | #59

    kak mau tanya,kalau mau masuk di jurusan ini, pelajaran apa yang harus ditonjolkan ya?
    apakah kimia atau matematika atau apa?

    terus kalau mau masuk jurusan kalau mau masuk jurusan ini,susah gak si?
    makasih :)

    • 13/01/2013 pukul 09:48 | #60

      tidak ada pelajaran yg paling ditonjolkan. Matematika dipelajari di Planologi, tetapi Kimia tidak. Tidak susah kalau kita terus belajar. Semangat!

  38. 06/01/2013 pukul 18:33 | #61

    kalau mau masuk pwk gak harus ipa kan? banyak fisiknya gak?

  39. Togu
    15/01/2013 pukul 22:53 | #63

    apakah prodi pwk undip dapat di jadikan pilihan kedua pada saat snmptn undangan?

  40. 23/01/2013 pukul 23:13 | #65

    hebat,,, aku pngen ngmbil jrusan ini klau dah lulus
    Cma aku pngen tnya di PWK mempelajari plajaran kimia gx

  41. Yuni Ati Br Sembiring
    28/01/2013 pukul 20:07 | #67

    anak cewek bagus gak masuk planologi ??

    • 07/02/2013 pukul 14:09 | #68

      Bukankah pembelajaran tidak mengenal jenis kelamin?
      Jadi, jangan ragu untuk belajar planologi

  42. 31/01/2013 pukul 12:33 | #69

    saya pengen ambil jurusan ini lah :)
    antara PWK sama teknik Arsitektur
    hehe ;)

  43. dimas
    03/02/2013 pukul 00:02 | #71

    kalo anak ips, bisa ga daftar dan dpt undangan fakultas planologi?

    • 07/02/2013 pukul 14:14 | #72

      Info lebih lanjut, Silakan hubungi kampus yang menyelenggarakan

  44. timang
    06/02/2013 pukul 15:50 | #73

    tugas2 di pwk tu apa aja ya? mapel SMA yg harus kuat untuk pwk apa ya? terima kasih

    • 07/02/2013 pukul 14:16 | #74

      Setiap perguruan tinggi memiliki kekhasan masing2 dalam pembelajaran PWK. Untuk mata pelajaran SMA yang kuat, Geografi memiliki nilai yang lebih.

  45. alia
    09/02/2013 pukul 17:22 | #75

    hi kak, sy sngat brminat skali d prodi teknik pwk, tp apakah ada s2 d luar negeri yg brhbungan dng jurusan ini?
    d tunggu jwaban ny. trima kasih

    • 15/02/2013 pukul 10:05 | #76

      Terima kasih Alia,

      S2 di luar negeri banyak sekali yang berhubungan dengan jurusan ini. Kamu bisa cari perguruan tinggi di luar negeri yang membuka pendidikan “Urban and Regional Planning”, “Urban Design”, “City Planning”, atau program-program yang berhubungan dengan Lingkungan, Pariwisata, dan Bencana, juga berkaitan dengan Teknik PWK.

  46. Nely
    10/02/2013 pukul 16:12 | #77

    untuk PWK di ITS, ciri khas nya apa ya?

    • 15/02/2013 pukul 10:06 | #78

      Maaf, saya kurang tahu ciri khas pembelajaran PWK di ITS. Silakan hubungi langsung pihak yang terkait. Terima kasih.

  47. fitri
    13/02/2013 pukul 03:43 | #79

    terima kasih untuk infonyaa.
    jurusan yg sangat menarik:) thun ini sya akan melanjutkan ke perguruan tinggi.. mau jurusan planologi apa bisa dari IPS kak?

    • 15/02/2013 pukul 10:07 | #80

      Jurusan planologi bisa menerima mahasiswa dari jurusan IPS di SMA.

  48. james
    14/02/2013 pukul 22:08 | #81

    james :
    PERSEENTASE peluang lapangan kerja na gimana kak besr to kecil?

    bingung mo pilih pwk ato arsitektur peluang yg lebih besar mana kk

    • 15/02/2013 pukul 10:08 | #82

      Kalau peluang kerja, kedua-duanya sama-sama memiliki peluang kerja. Jadilah ahli di bidangnya maka tidak sulit mencari peluang kerja. Terima kasih

  49. 25/02/2013 pukul 12:53 | #83

    saya S1 arsitektur dan S2 PWK peluangnya untuk menjadi dosen seberapa besar ???

    • 28/02/2013 pukul 16:17 | #84

      Peluang untuk menjadi dosen tentu ada, tinggal disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan kampus yang anda lamar.

  50. hahhaha
    25/02/2013 pukul 17:41 | #85

    harus pinter gambar gak sih ??

    • 28/02/2013 pukul 16:15 | #86

      Tidak harus pintar menggambar, karena planologi merencanakan wilayah dalam lingkup makro hingga meso. Dalam pembelajaran juga sudah banyak yang menggunakan aplikasi komputer.

      Namun, kemampuan menggambar bisa menjadi nilai plus terutama dalam menyajikan data mentah/draft.

  51. 01/03/2013 pukul 15:50 | #87

    saya lebih jago ke pelajaran matematikanya, tapi kalo soal ilmu yg berkaitan dengan IPS saya sangat kurang bisa, sebenarnya mata pelajaran apa sih yg menjadi penunjang di jurusan PWK ini? dan apakah di jurusan ada pelajaran yg berkaitan dengan IPS?

    • 08/04/2013 pukul 10:01 | #88

      Mata pelajaran yang jadi penunjang adalah Geografi. Ada beberapa mata kuliah yang berkaitan dengan ilmu sosial.

  52. Andre
    03/03/2013 pukul 11:45 | #89

    Saya alumni PWK salah satu perguruan tinggi ternama, dan sudah lulus. Saran saya, bagi tmn2 yang pengen lapangan pekerjaan yg luas, JANGAN SEKALI2 MEMILIH PWK, karena lapangan pekerjaannya hanya berkutat di 3 hal: PNS, Konsultan, Bank. Anda tidak bisa mendaftar di perusahaan2 besar seperti Pertamina dll. Untuk lapangan kerja yang luas, saya sarankan memilih teknik sipil, lingkungan, atau jurusan lain. Saya hanya menceritakan pengalaman saya. NAmun, utk yg ingin bekerja sebagai PNS saja, PWK punya kesempatan yg besar, seperti yg dijelaskan oleh tuan rumah blog ini.

  53. alik
    25/03/2013 pukul 22:34 | #91

    salam kompak IMPI (Ikatan Mahasiswa perencana Indonesia)

    “pwk UIN Alauddin.!”

  54. SF
    19/04/2013 pukul 14:14 | #92

    That was the two fascinating too as insightful! Thank you for sharing your ideas
    with us.

  55. jyr325
    06/06/2013 pukul 09:00 | #93

    Kalau univ swasta di Jakarta yang bagus apa ya buat ambil Planologi?

    • 24/06/2013 pukul 00:21 | #94

      Maaf, saya tidak bisa merekomendasikan salah satu univ.

  56. Ju Bambang
    06/06/2013 pukul 14:37 | #95

    Bagaimana dengan program MIPA, Perencanaan Wilayah Kota Bidang Minat Lingkungan di Universitas terbuka.,?

    mohon bantuan penjelasan..

    • 24/06/2013 pukul 00:19 | #96

      Mohon maaf saya tidak tahu mengetahui hal itu, karena setahu saya Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK), walaupun spesialisasi lingkungan, umumnya masuk ke fakultas teknik, bukan MIPA. Karena apa-apa yg diajarkan di PWK adalah hal-hal yg berkaitan dengan teknik dan rekayasa, bukan sekadar sains.Terima kasih

    • 09/07/2013 pukul 10:42 | #97

      idem nih,pertanyaanku sama kaya Ju Bambang..mohon yg tau jawabannya di postingkan ya disini thx :D

  57. li
    12/06/2013 pukul 00:12 | #98

    maaf kak , saya jadi merasa minder ingin masuk PWK setelah membaca komen kaka’ alumni PWK diatas. apakah benar seperti itu???

    • 24/06/2013 pukul 00:16 | #99

      Pada kasus di Indonesia profesi planner memang belum dikenal oleh masyarakat, sehingga bursa lowongan kerja yg terbesar untuk lulusan PWK ya memang ke Pemerintahan. Namun, kembali ke diri Anda sendiri dalam menentukan pilihan kuliah, manakah yg merupakan minat Anda?

  58. 15/06/2013 pukul 11:07 | #100

    akreditasi sangat memberi pengaruh nggak sih ?

  59. Cicilia Novita
    21/06/2013 pukul 07:58 | #102

    Dear Bapak Adang,
    Mohon maaf numpang memosting… Kebetulan Saya adalah salah satu alumni UGM yang saat ini tinggal di Manokwari Papua Barat. Saat ini saya bekerja di Perusahaan Jasa Konsultansi bidang Perencanaan Pembangunan yang membantu pemerintah daerah Papua Barat.

    Perusahaan kami membutuhkan beberapa Assisten Tenaga Ahli dengan ketentuan sebagai berikut:

    A. Job des Assisten Tenaga Ahli:

    1. Membantu penyelesaian pekerjaan perencanaan pembangunan dalam hal ini seperti RTRW Provinsi Papua Barat.

    2. Membuat TOR

    3. Membantu mengedit materi dari tenaga ahli, dll.

    B. Kualifikasi yang dibutuhkan :

    1. Lulusan S1 (khususnya Planologi)

    2. Pernah punya pengalaman mengasistensi pekerjaan tenaga ahli

    3. Bersedia tinggal di Manokwari/Sorong untuk jangka waktu tertentu

    C. Lama Proyek : 6 bulan (Juli – Desember)

    D. Range salary : 3-5 jt/bulan (disesuaikan dengan pengalaman)

    E. Fasilitas :

    1. Tiket pesawat PP Yogyakarta – Manokwari/Sorong pada saat kedatangan & akhir kontrak

    2. Akomodasi selama bekerja di Manokwari /Sorong

    3. Tunjangan makan selama jam kerja

    4. Pengeluaran lain yang berkaitan dengan pekerjaan (transportasi, foto copy, dll.)

    F. Lamaran dikirim melalui email ke : cordentaconsultama@gmail.com
    Siapa tau ada yang berminat.
    Terima kasih

    Regards,
    Cicilia Novita, S.S, M.M

  60. Muh Adhim Arasy
    03/07/2013 pukul 15:25 | #104

    perkenalkan saya Muhammad Adhim Arasy MABA Teknik PWK UNHAS 2013
    1. apakah di jurusan PWK wajib ( harus tidak harus ) bisa menggambar ??
    2. yg saya ketahui di PWK ada mata plajaran Sosial, apakah kami mahasiswa PWK lakukan saat terjun kelapangan dan bertemu sama masyarakat ??
    3. katanya jurusan PWK itu mempunya lpangan kerja yang luas krna sorang prencana sangat dibutuhkan di pemerintah/swasta apakah benar ??
    4. saat kita lulus di jurusan PWK apakah ada perusahaan untuk mnawarkan kita untuk bkerja ??

    terima kasih.. mhon bantuannya :)

    • 04/07/2013 pukul 08:42 | #105

      Salam kenal!
      Saya jawab pertanyaan kamu ya..

      1.Berdasarkan pengalaman saya kuliah di PWK, mahasiswa tidak harus bisa menggambar kok, tetapi akan mempermudah/menjadi nilai tambah bila bisa menggambar. Tidak bisa dipungkiri bahwa PWK dekat dengan rekayasa dan desain, tetapi skill menggambar bukan keharusan karena sudah banyak aplikasi komputer yg memudahkan dalam menggambar/mendesain.

      2.Ya, betul. Mau tidak mau, mahasiswa PWK akan terjun langsung belajar ke masyarakat. Isu-isu kewilayahan yg ada di masyarakat akan ditelaah dan dipelajari secara khas melalui pendekatan ilmu PWK. Malah, ketajaman dalam memahami dan menganalisis permasalahan sosial, lebih terukur lulusan PWK dibanding lulusan sosial. Mengapa? Karena metode yg dilakukan di ilmu PWK melihat dari sisi kewilayahan khas, yg dapat diukur dan pasti, bukan sekadar asumsi, opini dan teori selayaknya lulusan sosial yg menelaah kajian sosial kewilayahan.

      3.Kalau masalah ini, terus terang di Indonesia profesi perencana wilayah belum dikenal luas. Masyarakat masih sering salah dan tertukar antara arsitek, pakar sosial, dan perencana wilayah. Untuk contoh-contoh lapangan kerja dapat kamu lihat di postingan saya di blog ini.

      4.Sangat jarang perusahaan yg menawarkan pekerjaan ke kita kecuali kamu punya koneksi/link di perusahaan tersebut. Biasanya lulusan PWK berkarier sebagai pejabat pemerintahan.

      Demikian semoga menjawab pertanyaan kamu.

      3.

  61. ariesta a.s
    16/07/2013 pukul 10:55 | #106

    kalo PWK itu harus dari jurusan ipa apa ips

  62. Muh Adhim Arasy
    19/07/2013 pukul 03:31 | #108

    Apakah yg dikatakan Adnre itu benar bawhwa “JANGAN SEKALI2 MEMILIH PWK, karena lapangan pekerjaannya hanya berkutat di 3 hal: PNS, Konsultan, Bank” ??

    tolong dibalas di email saya : muhadhim63@yahoo.co.id

  63. uul
    22/07/2013 pukul 15:38 | #109

    terimakasih kak :)
    sangat membantu saya yang ingin masuk ke PWK karena melihat apa yang telah ada cth : tante dan kakak saya , hehe

  64. Ifan
    25/07/2013 pukul 14:53 | #110

    Aku masuk pwk d universitas d malang
    baru mau masuk taun ini

    apa aja sih pluang kerja untuk lulusan pwk ini?

    Apakan sulit mencari pekerjaan d jurusan ini?

    Ktanya d atas td hnya bisa bekerja d 3hal .apa kah benar kak

    mohon d jwb.

    • 26/07/2013 pukul 20:31 | #111

      Saudara Ifan, seorang sarjana perencanaan wilayah dan kota memiliki kapabilitas sesuai disiplin ilmunya, yaitu perencanaan wilayah dan kota. Kalau saudara Ifan mau bekerja sebagai insinyur perminyakan, tentu saja Ifan salah masuk jurusan.
      Ifan, lapangan pekerjaan dr bidang PWK memang spesial, sama spesialnya dengan kedokteran. Mumpung masih awal, luruskan kembali cita-cita kamu mau jadi apa.
      Itu!

  65. erwin nurhasanah
    14/08/2013 pukul 12:34 | #112

    saya dari smk jurusan pemasaran
    masuknya ke PWKL
    nyambung ga yaaa???????
    gak ngerti statistika :(

    • 22/08/2013 pukul 13:21 | #113

      Buat erwin, kalau ditanya nyambung tidak nyambung, ya tidak nyambung. Tetapi kalau memang minat, tidaklah salah untuk masuk ke PWK. Bila permasalahannya tidak mengerti statistika, nanti akan dipelajari kembali di bangku kuliah, jadi ada kesempatan untuk belajar.

  66. tyo
    15/08/2013 pukul 23:10 | #114

    salam kenal kakak adang…
    mau nanya nih “apakah materi perhitungan dalam PWK tergolong berat,materi perhitungan apa apa aja yang di pelajarin kak ?” ^_^ tolong bantuannya yah, makasih kak adang

    • 22/08/2013 pukul 13:27 | #115

      Salam kenal Tyo,
      Perhitungan ini maksudnya perhitungan matematika? Bila ya, perhitungan di PWK tidak serumit perhitungan matematika pada teknik mesin/sipil, atau jurusan sains lain.

  67. ana
    29/08/2013 pukul 07:22 | #116

    Salam kenal Kakak Adang,
    Saya lulusan Ekonomi Akuntansi klo saya berniat mengambil S2 Jurusan PWK nyambung atau tidak yaa?

    • 29/08/2013 pukul 09:46 | #117

      Salam kenal juga,
      Sebenarnya memang tidak berkaitan antara bidang studi akuntansi dengan PWk, tetapi siapapun tidak boleh dilarang untuk belajar bidang studi PWK.
      Terima kasih.

  68. gilang
    29/08/2013 pukul 14:18 | #118

    ada pelajaran ipa nya gak gan? soalnya aku anak ips

    • 30/08/2013 pukul 16:13 | #119

      Mungkin maksudnya mata kuliah yang terkait dengan sains / alam?

      Kalau yg dimaksud demikian itu ada, seperti mata kuliah Lingkungan dan Sumberdaya, Perencanaan Tapak dll. Tetapi Anda tidak usah khawatir karena tidak ada mata kuliah Fisika atau Kimia di PWK.

      Untuk mata kuliah yg terkait dengan hitungan, ada mata kuliah matematika dan statistika.

      • gilang
        30/08/2013 pukul 18:18 | #120

        terimakasih sebelumnya,
        saya pengen masuk pwk, tp saya anak ips, sedangkan di universitas x, pwk masuk fakultas teknik yg jelas progam ipa, takutnya pas nanti tes ada pelajaran ipa nya dan saya tidak bisa mengerjakan :/

      • 31/08/2013 pukul 08:54 | #121

        buat gilang,
        memang betul ilmu PWK termasuk salah satu disiplin ilmu dari Ilmu Teknik, karena berkaitan dengan rekayasa tetapi Gilang tidak usah takut untuk belajar PWK karena mata kuliah yg berkaitan dengan IPA / Sains alam yg dipelajari tentu tidak sama dengan mata kuliah yg dipelajari di Fakultas MIPA atau jurusan teknik lainnya, seperti teknik mesin, elektronika, atau sipil.

        Mata kuliah IPA yg dipelajari di PWK sudah dipadukan dengan pengetahuan sosial, yang substansinya adalah pemahaman tentang gejala alam untuk merekayasa sosial. Jadi, tidak mempelajari IPA secara murni seperti Biologi, Fisika, atau Kimia. Jadi, Gilang hanya akan menemukan mata kuliah yg full hitungan hanyalah mata kuliah Matematika dan Statistika.

        Semoga membantu!

  69. Syarifuddin
    30/08/2013 pukul 10:14 | #122

    Salam kenal pak,
    Saya berminat melanjutkan studi ke jenjang S3. Sebelumnya, sy kuliah S1 (T.Sipil – Transportasi) dan S2 (T.Sipil – Struktur). Mohon saran dari Pak Adang. Terima kasih.

    • 30/08/2013 pukul 16:23 | #123

      Salam kenal juga Pak Syarifuddin,

      Pada dasarnya, ilmu Teknik Sipil, Teknik Arsitektur, dan Perencanaan Wilayah dan Kota itu saling berhubungan satu sama lain.

      Ilustrasinya begini, Sarjana PWK memiliki daya analisis dan kemampuan forecast tentang perkembangan wilayah/kota yg selanjutnya akan ditafsirkan oleh arsitek dalam bentuk bangunan atau lansekap yg presisi kemudian dibangun secara teliti oleh insinyur teknik sipil.

      Bila bapak ingin melanjutkan studi ke jenjang S3 PWK apalagi meninjau latarbelakang bapak sebagai sarjana bidang transportasi dan master bidang struktur, studi S3 di PWK bisa memperluas khazanah ilmu teknik sipil bapak, utamanya tentang manajemen dan perencanaan wilayah secara makro hingga meso.

      Final words, penuhi minat bapak untuk melanjutkan studi S3! Terima kasih.

  70. gilang
    01/09/2013 pukul 10:53 | #124

    terimakasih Bang adang, jadi semakin yakin milih pwk nih, salam sukses bang!

  71. Atsha
    02/09/2013 pukul 22:00 | #126

    pwk itu termasuk ipa atau ips ya? trims atas jawabannya ╮(◇▽◇)╭

    • 04/09/2013 pukul 15:50 | #127

      Hampir di semua universitas, PWK termasuk jurusan/program studi di fakultas teknik.

      Semoga membantu!

      • 16/09/2013 pukul 19:37 | #128

        untuk tes jalur mandiri masuk PKW yg di tes kan mapel ipa/ips??

      • 21/09/2013 pukul 13:33 | #129

        Lila,
        Maaf, saya kurang mengetahui sistem penerimaan mahasiswa baru sekarang. Namun sebagai gambaran, PWK termasuk dalam fakultas teknik.

  72. 12/09/2013 pukul 12:59 | #130

    apa S1 pwk bisa melanjutkan S2 Arsitek, apa lagi ke ITB..
    dan modal apa yang harus di perdalam di S1 pwk untuk melanjutkan ke S2 arsitek.
    dan untuk lapangan kerja yang paling bagus apa. karna masih membingungkan.
    entah kerja di perusahaan atau kerja sendiri.

    saya mahasiswa pwk ITSB.

    • 21/09/2013 pukul 13:20 | #131

      Yahya,
      Apa S1 PWK bisa melanjutkan ke S2 Arsitek? Mungkin bisa, mungkin juga tidak. Melanjutkan kuliah ke S2 sangat tergantung dari kebijakan perguruan tinggi tsb, apakah khusus menerima dari lulusan disiplin ilmu tertentu atau terbuka bagi semua jurusan. Silakan Anda tanya kepada pihak kampus pilihan Anda untuk informasi lebih lanjut!

      Untuk lapangan pekerjaan,sepertinya sudah cukup jelas ditulisan saya ini, untuk wilayah Indonesia, profesi perencana umumnya bekerja di sektor publik.

  73. devi
    13/09/2013 pukul 05:14 | #132

    apakah benar jurusan pwk itu lapangan pekerjaan sangat sedikit, terus untuk ke depannya lulusan pwk akan jadi pengangguran?

    • 21/09/2013 pukul 13:29 | #133

      Untuk di Indonesia, lulusan PWK dapat bekerja di sektor publik. Biasanya lowongan tersedia di kementerian atau pemerintahan sebagai perencana atau penata ruang.

      Pada penerimaan CPNS tahun 2013 ini, lulusan PWK banyak dibutuhkan di beberapa kementerian.

  74. 18/09/2013 pukul 22:27 | #134

    boleh tanya :)
    pwk itu lebih mengutamakan bidang studi apa?
    geografi kah?
    kalau yang jurusan IPA bagaimana?

    • 21/09/2013 pukul 13:37 | #135

      Florenthi Meitria,

      Tidak ada masalah belajar PWK tetapi berasal dari jurusan IPA, karena PWK sendiri termasuk dalam fakultas teknik di hampir semua universitas. Saya sendiri dulu berasal dari SMA jurusan IPA.

      Tidak ada bidang studi yang diutamakan. Tetapi sebagai gambaran kasar, kamu bisa mempelajari kembali pembahasan tentang Kota dan Desa dalam pelajaran Geografi. Terima kasih

  75. agus
    23/09/2013 pukul 08:20 | #136

    bagus info ttg pwk…anak saya ingin sekali ambil jurusan ini..dia suka melukis, bidang seni dan lain2…tapi dia ipa…bisa match gak dgn jurusan pwk..saya dari tek sipil..sy ingin dia ambil pwk…trims…mudahan ada info dari alumni pwk ugm dan pwk itb yang bisa share…saya di bontang kaltim.

    • 23/09/2013 pukul 12:29 | #137

      terima kasih Bapak Agus,

      Menurut saya,pas atau tidaknya jurusan kuliah itu kembali kepada pribadi dari orang tersebut. Karena, bila sesuatu, apapun itu, bila dilakukan dengan rasa senang serta sesuai dengan passionnya, kesuksesan hanyalah tinggal menunggu waktu.

      • agus
        23/09/2013 pukul 13:57 | #138

        Terima kasih pak Adang atas tanggapannya, ya saya juga berharap anak saya bisa lulus test masuk di fak pwk, dan saya yakiin anak saya bisa menyenangi ilmu di pwk..dia sdh sering share dgn teman2 nya dan kaka kelasnya yg sdh kuliah di pwk , sebelumnya dia ingin ke arsitek..tp saya arahkan ke pwk. ok pak sekali lagi terima kasih…salam hangat persahabatan dari kami.

  76. ahkp
    29/09/2013 pukul 21:49 | #139

    sy alumni PWK dan sekarang kerja dibidang Perbankan selama 5 tahun…setelah kerja dibank sy tertarik mempelajari hal tentang ekonomi…rencana sy mau lanjut s2 jurusan ekonomi pembangunan, bagaimana tanggapan pak adang….apakah linier dgn jurusan saya dulu, thx

    • 03/10/2013 pukul 10:23 | #140

      Lanjutkan, Pak!
      Linear atau tidak, tentu Bapak sudah tau jawabannya.

  77. 02/10/2013 pukul 19:18 | #141

    Saya kuliah di universitas terbuka jurusan pwk,, gmn prospek ke depannya,,,,,,,,, makasih

    • 03/10/2013 pukul 10:34 | #142

      Prospek akan mengikuti kemauan dan kemampuan, semangat Pak!

  78. kusmara amijaya
    23/10/2013 pukul 08:35 | #143

    Selamat pagi pak adang, saya salah sudah mempersiapkan putri saya untuk masuk di PWK, kira kira untuk masuk ke fakultas tersebut apa saja yang harus di kuasai secara khusus ? kenapa saya bertanya seperti itu sebab kami dari daerak kalimantan barat dan jarang bisa masuk di universitas di luar kalimantan.

    • 05/11/2013 pukul 14:59 | #144

      Selamat pagi bapak kusmara amijaya!

      Terus terang tidak ada persiapan khusus untuk kuliah di PWK, karena seiring dengan kegiatan perkuliahan, mahasiswa akan belajar kemampuan yang harus dimiliki sarjana PWK.

      Kemampuan menggambar tidak mutlak harus dimiliki oleh calon mahasiswa. Umumnya, mahasiswa PWK akan menggambar peta dalam bentuk digital (aplikasi GIS, arcView). Kemampuan menggambar dalam media kertas adalah nilai tambah dalam menyajikan data mentah.

      Kemampuan presentasi akan dilatih selama kuliah. Bagaimana menyajikan data dalam forum, memberikan usulan/sanggahan, serta bahasa tubuh dalam presentasi pun akan dipelajari.

      Mahasiswa PWK akan rajin melakukan survey lapangan, baik untuk memperoleh data atau melakukan pemetaan. Oleh karena itu, ketahanan fisik yang prima boleh menjadi persiapan khusus bagi calon mahasiswa PWK.

      Demikian bapak kusmara amijaya, semoga menjawab pertanyaan bapak!

  79. hanss
    19/11/2013 pukul 19:19 | #145

    adakah syarat fisik untuk masuk tek pwk??dan adakah prospek kerja tek pwk selain di pemerintah,di swasta juga ada??contohnya???makasih :)

    • 20/11/2013 pukul 20:42 | #146

      Tidak ada syarat fisik untuk masuk PWK. Prospek kerja di swasta tentu ada, baik yang memiliki konsultan sendiri atau bekerja di konsultan orang lain. Beberapa rekan saya ada yang bekerja di Alam Sutera Reality, Agung Podomoro dll. Sedangkan saya sendiri mengembangkan keilmuan saya di perusahaan sendiri, CV Sinar Murah :)

  80. 03/12/2013 pukul 14:19 | #147

    Di ITB ada program magister Rancang Kota dan PWK. Apa sih bedanya?

    • 07/12/2013 pukul 08:26 | #148

      Istilah “rancang kota” dan “rencana kota” secara awam memang membingungkan. Kadang, keduanya seringkali bertukar tempat atau disamakan. Padahal, ada nuansa di kedua istilah tersebut. Rancang kota merupakan kegiatan menyeluruh, utamanya dalam aspek teknis dan fisik dalam menata kota. Sedangkan rencana kota merupakan proses kegiatan menentukan visi kota, pengaturan regulasi kota, monitoring pembangunan kota, serta evaluasi dari perencanaan kota.

      Untuk lebih mudahnya, saya kasih permisalan dengan arti dari “design” dan “plan”.
      Demikian, semoga jawaban saya membantu anda!

      • Lza
        05/01/2014 pukul 13:24 | #149

        apa beday teknik pwk sama pwk nya aj?sebaiknya pilih t.sipil/pwk

      • 07/01/2014 pukul 16:19 | #150

        Tidak ada beda teknik PWK dengan PWK. Pilih yg sesuai dengan minat kamu

  81. 16/12/2013 pukul 15:25 | #151

    maaf baru gabung..saya pelajar kelas XII.
    saya pngen bnget ngambil jurusan ini. saya tertarik sama jurusan PWK ini..
    saya mau tnya, kira” mahasiswa jurusan PWK ini apa smuanya harus pintar ( mnguasai ilmu exact ) ?
    terima kasih

    • 07/01/2014 pukul 15:51 | #152

      Halo Ardi,
      Tidak semua ilmu eksakta dipelajari dalam perkuliahan PWK. Misalnya, Kimia dan Biologi. Lainnya, seperti fisika dan matematika memang dipelajari, tetapi jangan takut untuk kuliah di PWK bila kamu benar-benar minat.
      Terima kasih

  82. 28/12/2013 pukul 09:55 | #153

    Mau tanya nih kak Adang setiawan kuliahx dmna?

  83. aditamtam
    05/01/2014 pukul 13:31 | #155

    saya mau masuk kuliah di pwk tapi masih bingung mau kuliah dimana?

    • 07/01/2014 pukul 16:18 | #156

      Sekarang banyak pilihan tempat kuliah PWK. Ada yg swasta dan ada yg negeri juga. Lokasinya juga sudah tersebar dimana-mana. Tinggal tetapkan hati kamu aja

      • 14/01/2014 pukul 17:06 | #157

        kak, emng pelajaran apa yg di tekankan pda jurusan PWK ini ? soalnya saya ngk begitu suka di fisika dan b.inggris

      • 16/01/2014 pukul 13:15 | #158

        Pelajaran fisika tidak diajarkan kembali di PWK.

  84. tyas
    10/01/2014 pukul 20:14 | #159

    kak,saya pengen milih PWK,boleh tau dong kakak sekarang kerja dimana?
    karena saya masih bingung dengan peluang kerja untuk lulusan PWK

    makasih

    • 16/01/2014 pukul 12:53 | #160

      Peluang kerja lulusan PWK di Indonesia umumnya bekerja di sektor publik (pemerintahan). Karir saya sendiri dimulai dari konsultan perencanaan wilayah sebelum kini berusaha dalam bidang kontraktor bangunan dan perencanaan. Terima kasih.

  85. 16/01/2014 pukul 23:35 | #161

    Kak, mau nanya. Bagaimana peluang masuk PWK di univ yang akreditasinya A tahun ini (seperti ITB, UGM, Undip) dengan nilai rata-rata (di bawah 80) lewat jalur SNMPTN, mana yang paling mungkin?

    • 19/01/2014 pukul 07:55 | #162

      Terus terang saya tidak mengerti mekanisme seleksi masuk perguruan tinggi saat ini. Namun, saya pikir kunci untuk dapat masuk ke perguruan tinggi negeri itu tidak sekadar belajar keras saja, melainkan juga ada strategi yang harus dijalankan serta keyakinan dan doa yg kuat dipanjatkan.

      Kenali kemampuan kamu sendiri supaya kamu dapat sukses masuk ke perguruan tinggi negeri

  86. 18/01/2014 pukul 16:16 | #163

    kak,saya kelas 3 sma ipa.saya minat masuk pwk ugm.di pwk ugm apakah nilai bahasa inggris diperhitungkan?jujur bahasa inggris saya tidak terlalu tinggi,dan nilai fisika saya juga hanya sekitar 88,apakah bisa diterima melalui jalur snmptn?

    • 19/01/2014 pukul 07:58 | #164

      Saya tidak begitu paham mekanisme seleksi masuk perguruan tinggi negeri sekarang. Sebagai gambaran, terdapat mata kuliah bahasa Inggris di perkuliahan PWK di UGM tetapi tidak terdapat mata kuliah fisika.

  87. khoirun nissa
    18/01/2014 pukul 17:08 | #165

    Kak mau tanya.. kalau D3 PWK pny prospek bagus gak ? Terimakasih

    • 19/01/2014 pukul 08:00 | #166

      Saran saya, lebih baik ambil S1 PWK dibandingkan D3 PWK karena peluang kerjanya jauh lebih besar. Selain itu, masa kuliah juga relatif sama dan kamu berhak mendapat gelar ST.

  88. peri
    18/01/2014 pukul 22:41 | #167

    Hai kak Adang, pas banget nih alumni planologi UGM hihi
    Aku kelas sma kelas 3 sekarang dan insyaAllah taun ini bisa kuliah di plano UGM nih hehe tapi aku termasuk daerah luar jogja yang alumni sma aku termasuk sedikit di UGM sempat terpikir di UNDIP kalo kaka lebih rekomen yang mana? Terus perbedaannya apa ya kak? Oiya kalo jurusan Plano ada kelas internasionalnya ngga kak? Terimakasihh

    • 19/01/2014 pukul 08:04 | #168

      Hai Peri,
      Jangan khawatir bila alumni SMA sedikit, karena saya dulu adalah alumni sekaligus siswa pertama SMA saya di kampus UGM.
      Terus terang saya tidak tahu spesialisasi PWK Undip jadi saya tidak bisa merekomendasikan kamu ke mana melanjutkan kuliah. Sampai kini, belum ada kelas internasional di PWK.

      • Peri
        19/01/2014 pukul 08:22 | #169

        Okey kak terimakasihh :D
        Hmm kalo mau PWK yang katanya lebih ke pelajaran S2, prospek kerja nya lebih bagus kalo aku langsung S1 PWK atau arsitektur/sipil dulu? Baru nanti S2 planologi?

  89. 19/01/2014 pukul 10:44 | #170

    Iya, kak. Sama seperti pertanyaan kak Peri di atas. Kalau dilihat dari kuota CPNS tahun lalu (http://cutibersama2013.blogspot.com/2013/09/lowongan-cpns-pemda-dki-tahun-2013.html), sarjana PWK terbilang paling sedikit dibanding Teknik Sipil, Arsitektur, dan sejenisnya. Apakah untuk peluang kerja nanti kita lebih baik mengambil S1 Teknik Sipil/Arsitektur dahulu lalu mendapatkan pekerjaan dan baru melanjutkan S2 PWK atau bagaimana, kak?

  90. 24/01/2014 pukul 18:48 | #171

    Lagi sibuk ya, kak :D?
    Iya, kak. Sama seperti pertanyaan kak Peri di atas. Kalau dilihat dari kuota CPNS tahun lalu (http://cutibersama2013.blogspot.com/2013/09/lowongan-cpns-pemda-dki-tahun-2013.html), sarjana PWK terbilang paling sedikit dibanding Teknik Sipil, Arsitektur, dan sejenisnya. Apakah untuk peluang kerja nanti kita lebih baik mengambil S1 Teknik Sipil/Arsitektur dahulu lalu mendapatkan pekerjaan dan baru melanjutkan S2 PWK atau bagaimana, kak?

    • 28/01/2014 pukul 07:50 | #172

      Bila variabel kamu dalam memilih kuliah adalah prospek kerja di PNS, kebutuhan sarjana PWK memang lebih sedikit dibandingkan dengan Teknik Sipil.

      Saya tidak bisa menyarankan mana yang lebih baik untuk kamu karena keinginan kamu itu ditentukan oleh kamu sendiri. Pertimbangkan dengan baik dari segala aspek. Proporsi yang paling tinggi dalam hal menentukan pilihan adalah minat!

      Semoga membantu

  91. 25/01/2014 pukul 17:19 | #173

    kak, pljaran yg paling penting di PWK ini apa ya ? b.inggris di perhitungkan enggak ?

    • 28/01/2014 pukul 07:56 | #174

      Kuliah di PWK itu kuliah multidisiplin, tidak ada pelajaran yang paling dipentingkan karena semua pelajaran adalah penting, termasuk bahasa Ingggris. Tetapi, tidak ada yang tidak bisa dipelajari, bukan?

  92. yesika graciana
    31/01/2014 pukul 16:46 | #175

    mas saya mau tanya nih, saya mau ambil PWK tapi masih bingung mau ngambilnya di ITB atau di undip. passing grade nya brapa sih masing2 universitas utk PWK itu mas? dan juga saya mau tanya apakah di unpad ada jurusan PWK?

    • 31/01/2014 pukul 17:20 | #176

      Saya tidak tahu berapa persis passing grade PWK di tiap2 universitas, sebaiknya kamu bisa kunjungi website Kementerian Pendidikan atau website masing2 kampus untuk lebih jelasnya.

      Di Unpad hingga kini belum ada jurusan PWK.

  93. 01/02/2014 pukul 08:10 | #177

    Saya Ulfah Ch dari Kebumen
    Kak kasih gambaran kuliah lapangannya kaya gmna…
    apa ada ketentuan khusus harus memakai baju lapangan, misalnya celana? Trimakasih

    • 02/02/2014 pukul 06:14 | #178

      Halo Ulfah,
      Tidak ada ketentuan berbusana dalam kuliah lapangan di PWK, yang penting sopan dan pantas.
      Kuliah lapangan yg kamu maksud apa? Kalau yg kamu maksud adalah magang, ya sebagaimana magang seperti biasa, yaitu mengerjakan tugas yang ada. Tapi kalau yang kamu maksud kuliah lapangan adalah kuliah di “lapangan” maka banyak macamnya, misalnya ada kegiatan survei, kegiatan penelitian ke wilayah-wilayah tematik, kunjungan ke berbagai kota berikut instansinya, dll.

      Terima kasih

  94. ayhuf gali persada
    02/02/2014 pukul 22:30 | #179

    mas mau tanya nih kan aku pengin masuk pwk undip/unnes jalur snmptn itu nilenya yang di utamain apa aja biar bisa masuk??? bales ya mas

    • 06/02/2014 pukul 10:27 | #180

      Halo Persada,
      Begini, terus terang saya tidak mengetahui sistem seleksi masuk ke perguruan tinggi negeri saat ini (snmptn). Jadi, nilai mana yg diutamakan saya tidak tahu persis. Kamu bisa konsultasikan hal ini ke guru pembimbing kamu atau browsing lebih jauh. Terima kasih

  95. 04/02/2014 pukul 22:08 | #181

    kak, saya lihat di suatu ketas ttg jurusan jurusan kuliah, teknik pwk ini harus pinter matematika dengan fisikanya, apa benar?

    • 06/02/2014 pukul 10:56 | #182

      halo rahmaadani,
      berdasarkan pengalaman saya kuliah di PWK, penguasaan matematika memang diperlukan terutama sebagai dasar pemikiran analitik dan logis serta keterampilan membaca dan mengolah data statistik. Sebaliknya, untuk penguasaan fisika tidak terlalu signifikan karena konsentrasi ilmu PWK tidak berkaitan dengan struktur bangunan sebagaimana arsitektur atau teknik sipil.

      Kesimpulannya, tidak harus menjadi ahli matematika dan fisika untuk kuliah di PWK.

  96. 07/02/2014 pukul 07:48 | #183

    kak saya ami dari Pati, mau bertanya kata guru seni saya lulusan pwk jika mau cari kerja itu sulit? apakah benar?
    Tolong di balas…………………………………:)

    • 08/02/2014 pukul 12:58 | #184

      Halo Ami,
      Perkataan guru seni kamu, bisa benar…bisa juga tidak benar. Memperoleh pekerjaan itu tidak semata-mata berdasar latar belakang jurusan kuliah, bukan?

      Sekarang, tanyakan pada guru seni kamu, “Apakah beliau dahulu kuliah seni karena lulusan seni itu mudah memperoleh pekerjaan?” :-)

  97. 14/02/2014 pukul 13:20 | #185

    kak, selain penguasaan matematika apa lagi yg perlu di kuasai di pwk ini ?
    mksih ka :)

    • 18/02/2014 pukul 13:05 | #186

      Maksud penguasaan matematika ini sebelum kuliah atau sesudah kuliah di PWK? Bila maksudnya adalah setelah kuliah di PWK, tentu saja seluruh mata kuliah mesti dikuasai. Bila maksudnya sebelum kuliah di PWK, tidak ada pelajaran khusus yang harus dikuasai. Penguasaan matematika bukanlah hal yang mutlak. Yang penting, minat untuk kuliah di PWK.

  98. yesika graciana
    16/02/2014 pukul 16:19 | #187

    saya mau nanya nih, katanya dijurusan pwk ini rata2 semuanya cowok ya? gak ada ceweknya? terus pilihan pwk di undangan udah ada gak?

    • 18/02/2014 pukul 13:08 | #188

      Tentu saja ada mahasiswinya. Sewaktu saya kuliah di PWK, perbandingan mahasiswa laki-laki dan perempuan adalah 60:40. Selanjutnya, jumlah mahasiswi yang belajar PWK pun semakin banyak.

      Saya tidak mengikuti perkembangan seleksi mahasiswa sekarang. Jadi saya tidak tahu

  99. Renata
    17/02/2014 pukul 21:15 | #189

    hai ka, mau tanya kalau pwk/planologi itu kuliahnya banyak jalan2 ‘harus ke daerah2 gitu’ itu tuh sering banget ga? atau lebih banyak teori2? di jawab ya ka, terima kasih :)

  100. 18/02/2014 pukul 14:46 | #191

    terus masalah praktek kerjanya di pwk ini gmna kak ? prakteknya di dalam kantor atau di luar. mksih :)

    • 19/02/2014 pukul 05:14 | #192

      Halo Ardiansyah,
      Mengenai masalah praktik pekerjaan lulusan PWK sebagai perencana wilayah, merupakan kombinasi dari pekerjaan kantoran dan pekerjaan lapangan.

      Sebelum suatu wilayah tersebut direncanakan, tentunya membutuhkan survei atau tinjauan langsung untuk mengetahui potensi & masalah dari wilayah tersebut. Setelah data-data primer diketahui barulah dilakukan pengolahan di kantor.

      Demikian dan terima kasih.

  101. 19/02/2014 pukul 09:43 | #193

    lulusan PWK bisa masuk BUMN gak mas?

    • 23/02/2014 pukul 19:02 | #194

      Bisa. Beberapa teman saya kini bekerja di BUMN, seperti di Perumnas.

  102. Darwan syah
    20/02/2014 pukul 21:56 | #195

    mau nanya kak itu klo di peta kan ada keterangan/legenda itu klo nge polt di peta ada standar plotnya kah kak contoh fasilitas peribadatan warnanya ungu itu nggak apa apa, kita ksih sendiri warna atau harus ikut dengan standar pewarnaan di peta…???maksh

    • 25/02/2014 pukul 09:17 | #196

      Darwansyah,

      Keterangan di peta atau legenda sebenarnya memiliki standar yang baku. Misalnya, untuk keterangan gunung standarnya adalah segitiga hitam, gunung api standarnya adalah segitiga merah, dataran rendah berwarna hijau, dataran tinggi berwarna kuning hingga coklat dsb. Semua ada standar bakunya. Di software pembuat/pengolah peta sudah ada option legenda peta, jadi kamu tidak perlu repot-repot. Kalau kamu membuat secara manual, apabila untuk keperluan akademik atau ilmiah, pakailah standar bakunya!

  103. 21/02/2014 pukul 18:35 | #197

    adakah banyak pelajaran kimia dalam jurusan pwk ini kak? terimakasih :)

  104. 21/02/2014 pukul 19:21 | #198

    cukup membantu saya membayangkan seperti apa pwk itu dan saya tertarik masuk pwk :)

  105. 23/02/2014 pukul 22:37 | #199

    saya baca kode etik perencana yang berasal dari American Institute of Certified Planners (AICP). salah satunya adalah perencana bertanggungjawab untuk bekerja dengan tekun dan kompeten atas nama klien mereka. Klien disini siapa maksudnya? padahal yang yang terpenting untuk PWK kan kepentingan publik dan bisa dikatakan kenyamanan masyarakat dan keseimbangan alam. Saya hanya khawatir jika seperti pembangunan mall ataupun tempat apapun yang merupakan bisnis itu dijalankan kawasan yang untuk kita tidak tepat, apakah kita cukup memberi tahu pada klien tersebut(dalam hal ini orang yang mendapatkan keuntungan besar) atau kita mengusahakan (misalnya) mall itu tetap disana dan mengkondisikan wilayah sekitar agar tidak berdampak buruk? Sebenarnya, saya paling ingin menendang mall-mall atau perusahaan-perusahaan asing yang memperburuk kondisi masyarakat dan alam indonesia. jadi, agak kepikiran untuk mendalami PWK. saya lulus SMA tahun ini.

    • 25/02/2014 pukul 09:45 | #200

      @alihardila

      Seorang perencana adalah profesional, yang bekerja dengan menggunakan keahliannya. Adapun klien yang dimaksud adalah pihak yang menggunakan keahlian si perencana. Klien tersebut bisa saja dari pihak pemerintah, atau dari swasta. Seorang perencana profesional mampu merencanakan suatu wilayah supaya berdayaguna melalui aneka rekayasa, baik fisik wilayah maupun kondisi sosial sekitarnya. Jadi, seorang perencana profesional bekerja untuk mewujudkan hal tersebut.

      Mengenai kekhawatiran @alihardila tentang pembangunan mall atau kawasan bisnis yang merisaukan masyarakat, sebenarnya kewenangan tersebut ada pada pihak pemerintah selaku pemilik kebijakan atau yang memberi izin pembangunan. Perencana dapat melakukan advokasi sebagai koreksi kebijakan tersebut atau memilih untuk memperbaiki dari dalam dengan cara masuk ke birokrasi pemerintahan.

      FYI, tidak semua mall atau perusahaan asing yang memperburuk kondisi masyarakat dan alam Indonesia. Ada juga dari perusahaan lokal yang begitu. Malah, bangsa kita juga kurang menghargai perencana wilayah kita.
      Terima kasih

  106. do2
    26/02/2014 pukul 00:08 | #201

    mau tanya nih. saya tinggal di jakarta. Apakah ada kursus planologi ditawarkan di Jakarta? Mohon infonya dong dimana bisa kursus Planologi. Thanks

    • 11/03/2014 pukul 22:22 | #202

      Tidak ada kursus planologi. Karena planologi merupakan ilmu yg multidisiplin dan kompleks. Namun, untuk kursus software pendukung planologi seperti ArcView GIS, AutoCad itu mudah ditemui kursusnya.

  107. Peri
    01/03/2014 pukul 14:45 | #203

    Hai kak, ini Per lagi hihi XD
    mau tanya dong antara jurusan Pembangunan Wilayah dan perenacaan wilayah kota tuh beda yan apa sih? kok pembangunan wilayah masuknya ke Fak. Geografi ya kak? kata kenalan aku yang di Geografi, pembangunan wilayah sama perencaan wilayah kota itu hampir mirp, masing-masing fokus belajarnya kemana yakak? mohon penjelasannya kak hihi terimakasih

    • 11/03/2014 pukul 22:27 | #204

      Kajian pembangunan wilayah di geografi membahas tentang pembangunan wilayah yg seperti apa yg cocok dengan karakteristik geografi wilayah tersebut. Sedangkan PWK membahas tentang bagaimana merencanakan suatu wilayah dgn kondisi tertentu agar wilayah tersebut berdaya dan dapat harmonis dengan unsur2 yg ada di dalamnya.

      Mudahnya, pembangunan wilayah menjawab pertanyaan “what”. Sedangkan PWK menjawab pertanyaan “how”.

  108. cupank
    02/03/2014 pukul 14:56 | #205

    kak, pwk itu kan termasuk teknik,, seberapa sering sih mapel fisika diberikan?? terus mapel matematikanya ruwet gak??

    • 11/03/2014 pukul 22:27 | #206

      Tidak ada mata kuliah fisika dan matematikanya pun mudah.

  109. cupank
    05/03/2014 pukul 21:23 | #207

    pelajaran matematikanya susah gak kak???

  110. 06/03/2014 pukul 07:37 | #209

    peluang kerja pwk gimana kak

    • 17/03/2014 pukul 07:18 | #210

      Sudah saya bahas di artikel saya yg lain dan di komentar2 saya. Silakan dilihat lagi

  111. 06/03/2014 pukul 18:15 | #211

    Mau tanya kak, PWK itu mempelajari Geografi nggak? Kalo iya, berapa kira-kira persentasenya ya? Makasih..

  112. 07/03/2014 pukul 13:18 | #213

    kak mau tanyak ? apa bener di pwk ini kebanyakan anak cewek ? terima kasih

  113. 08/03/2014 pukul 17:50 | #215

    pengen sih,tapi pikir2dulu

  114. yesika graciana
    12/03/2014 pukul 13:01 | #216

    mas kata teman saya yg kuliah di pwk kebanyakan laki laki ya? yg di pelajari di pwk kebanyakan ipa atau ips sih sebenarnya? soalnya saya jurusan ipa saya kurang menyukai ips soalnya mas:D

  115. 13/03/2014 pukul 14:22 | #217

    Hi teman-teman. :)

    Saya Rizqi Fahma, alumni Teknik PWK. Saya mau sedikit berbagi ke teman-teman semua. Kuliah PWK itu sebenarnya (berdasarkan pengalaman saya) cukup menarik karena membahas isu-isu yang sehari-hari kita hadapi. Hanya saja, menurut saya, saking banyak nya hal yang kita pelajari (bukan hanya soal eksakta, tapi juga sosial) kita bisa merasa tidak terfokus, dan malah bingung dengan apa sih arah sebenarnya dari mempelajari semua ini.

    Sekedar saran, buat kalian yang ingin memilih PWK sebagai jurusan/prodi kalian nantinya, yakinkan diri kalian bahwa ini memang hal yang kalian senangi (passion). PWK is good, really good, and the world needs you! :)

    Salam

  116. 13/03/2014 pukul 22:57 | #218

    Bagusssss , Aku suka gamenya,, ” The sims ” wk XD

  117. 18/03/2014 pukul 20:10 | #219

    Ane masih SMA nih mau nanya
    Software yang recomend di pakai untuk jurusan PWK apa ya? pake Auto cad bisa?

    • 07/04/2014 pukul 05:07 | #220

      Software penunjang PWK adalah GIS ArcView. AutoCad hanya pelengkap saja.

  118. cupank
    27/03/2014 pukul 22:35 | #221

    kak adang, saya denger2 pwk itu sering jalan2..yg biasa d kunjungi itu temoat seperti apa dan dalam rangka apa kesana??

  119. Nurmala
    31/03/2014 pukul 11:53 | #222

    Kak aku rencana mau masuk Pwk Sttnas. tp akreditasinya C.. gmna ya kak bagus gak?

  120. cupank
    08/04/2014 pukul 14:10 | #224

    kak adang, saya denger2 pwk itu sering jalan2..yg biasa d kunjungi itu tempat seperti apa dan dalam rangka apa kesana??

    • 18/04/2014 pukul 13:02 | #225

      Maksudnya mungkin bukan jalan2,tetapi survey. Mahasiswa PWK sangat familiar dengan survey ke lapangan,yaitu lingkungan perkotaan atau pedesaan.Tujuannya ialah aplikasi ilmu yg didapat di bangku kuliah serta mendapatkan pengalaman. Pengalaman yg diperoleh sangat berpengaruh dalam cara berpikir dan pengambilan keputusan di ilmu PWK. Lewat pengalaman itu,mahasiswa PWK juga dapat memilih konsentrasi bidang yg ia suka,misalnya transportasi,perumahan,pertamanan
      ,legalitas,urbandl design,atau rencana tapak.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: