Beranda > Cerita, Informasi, Pandangan > Metode – Metode Berbicara di Depan Umum

Metode – Metode Berbicara di Depan Umum


Ada beberapa metode yang dapat diterapkan saat kita dituntut untuk berbicara di depan umum. Saya mau berbagi metode-metode itu yang pernah saya pelajari sewaktu SMA.  Berikut metode-metodenya:

1. METODE TEKS

Metode ini adalah metode berbicara dengan membaca teks yang sudah dipersiapkan sebelumnya. Kita bicara apa yang kita tulis di kertas yang telah disiapkan.

Metode ini biasanya dipakai untuk acara resmi. Metode ini baik digunakan untuk menghindari salah ucap atau mengontrol pembicaraan agar tidak out of topic. Selain itu, untuk kita yang belum terbiasa berbicara di depan umum, alangkah baiknya kita melatih gaya bicara dengan memakai metode ini.

Tips:

  • Tulis secara rinci kata per kata apa yang akan kita katakan di podium;
  • Gunakan kata-kata yang mudah dimengerti dan hindari penggunaan kalimat-kalimat ambigu;
  • Perhatikan tanda baca, dan mainkan intonasi suara supaya pembicaraan kita tidak datar. Tetapi perlu diperhatikan, intonasi yang tepat, supaya pendengar tidak menerima maksud yang salah;
  • Buatlah kontak/komunikasi dengan pendengar, jangan terus-menerus melihat ke arah kertas.

2. METODE HAFALAN/MEMORITER

Sama seperti metode teks, kita berbicara apa yang kita tulis di kertas yang sudah disiapkan sebelumnya, hanya cara menyampaikan pidato/isi pembicaraan bukan dengan cara membaca, melainkan dengan menghafal apa yang sudah ditulis, kemudian disampaikan secara langsung kepada pendengar.

Tips:

  • Hafalkan hingga kata per kata teks yang sudah dibuat;
  • Seandainya ditengah pembicaraan tiba-tiba lupa, usahakan jangan panik! Coba alihkan ke isi pidato yang kita ingat dan lanjutkan saja terusannya;
  • TETAPI, seandainya benar-benar lupa sama sekali… lebih baik segera tutup saja pembicaraan kita.

3. METODE POINT

Metode ini sebenarnya pengembangan dari metode teks, hanya tidak kata per kata yang harus ditulis, tetapi cukup point-point atau intinya saja.

Kita bisa memakai metode ini di acara apa saja, formal/informal. Biasanya, orang yg sudah ahli sekalipun, sering memakai metode ini untuk mencegah pembicaraannya menjadi out of topic.

Tips:

  • Gunakan kertas yang kecil! Kertas yang kecil akan membebaskan tangan kita bergerak untuk menambah ekspresi dan gaya bicara;
  • Urutkan tiap-tiap inti pembicaraan/pidato! Jangan mengembangkan inti yang kedua sebelum mengembangkan inti yang pertama!
  • Kalau mau memberikan intermezzo/humor pada pidato, tulis saja bersama-sama dengan inti pidatonya. Misalnya:

Inti 8:

-Bersama lebih akan lebih kuat daripada sendiri

-Kasih analogi tentang SAPU LIDI YANG BANYAK DAN TERIKAT KUAT LEBIH SULIT DIPATAHKAN DARIPADA SEBATANG LIDI

3. METODE SERTA MERTA / IMPROMTU

Metode ini adalah metode berbicara secara spontan atau serta merta, yaitu berbicara di depan umum tanpa waktu persiapan sebelumnya.

Kadang-kadang, seseorang bisa saja dituntut (saya lebih senang menyebutnya ‘ditembak’ ) tiba-tiba untuk berbicara. Para orator biasanya menggunakan metode ini untuk meluapkan gagasan/idenya secara spontan dan cepat kepada pendengarnya.

Tips:

  • Meskipun serta merta, bukan berarti pidato dilakukan tanpa persiapan. Persiapan tetap perlu dengan cara memperbanyak membaca buku, atau mengikuti berita-berita yang sedang berkembang.
  • Maksimalkan anggota tubuh lainnya sebagai alat komunikasi. Menggunakan metode ini membuat tangan kita leluasa bergerak karena tidak memegang teks. Selain itu, gerakan seperti mimik muka, dan gerakan-gerakan tangan juga sangat membantu pidato anda menarik bagi pendengar
  • Jangan lupa untuk TETAP memperhatikan waktu berbicara!

Metode-metode di atas mungkin bisa membantu saat kita dituntut untuk berbicara di depan umum. Ingat, metode tersebut bukan jurus untuk menghilangkan kegugupan/grogi saat berbicara di depan umum. Untuk menghilangkan grogi, tidak ada cara yang paling ampuh selain be confident and be yourself.

Semoga berguna.

Iklan
  1. 15/10/2010 pukul 19:17

    Wew thanks banget nih. Saya emang susah banget kalo disuruh ngomong di depan umum. Thanks ya 🙂

    • 24/10/2010 pukul 07:55

      Sama-sama! Selamat Berlatih ya! 🙂

  2. 03/12/2010 pukul 16:38

    jangan lupa berdoa…hehehe.. 🙂
    makasi metodenya..

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: