Beranda > Cerita, Reportase > (FR) Masjid-masjid yang Mengadakan Buka Bersama Gratis

(FR) Masjid-masjid yang Mengadakan Buka Bersama Gratis


Disclaimer: No Pic = Hoax nggak berlaku.

Pertama-tama saya mau ucapin: Selamat datang bulan Ramadhan 1432 H! Selamat menunaikan ibadah di bulan Ramadhan!

Bulan Ramadhan memang penuh berkah. Dimana-mana orang berusaha meningkatkan amal baik di bulan ini, termasuk berbondong-bondong meramaikan masjid. Bukan cuma buat sholat, tapi juga buat “amalan khusus” saat bulan Ramadhan, yaitu buka puasa.

Buka puasa memang moment membahagiakan buat orang yang berpuasa. Apalagi kalau bareng-bareng dan zonder bayar a.k.a gratis, kan lumayan… duitnya bisa ditabung buat beli hape baru 😀

Makanya, postingan kali ini adalah sedikit Field Report (FR) dengan menu ala kadarnya dari saya tentang masjid-masjid di Yogyakarta yang asyik didatangin buat buka puasa sekaligus sholat maghrib berjamaah

Masjid Kampus UGM

Kayak yang sudah-sudah, Masjid Kampus UGM a.k.a Maskam, mengadakan acara buka puasa bersama tiap harinya. Kalau datang ke sana kira-kira jam 17.25, sangat mudah ditemui jamaah yang senasib atawa jamaah yang sama-sama “numpang” buka puasa.

Hidangan buka puasa di sediakan (self service alias ambil sendiri) di halaman timur masjid. Hidangan berupa segelas teh manis dan nasi bungkus dengan lauk pauk seadanya (adanya begitu bos… nggak usah protes). Kalau kurang teh manisnya, silakan tambah sendiri karena disediakan biang ember yang gede banget dengan teh manis dalam kondisi full tank di dalamnya.

Kalau bisa datanglah sebelum jam 17.20! Lebih dari itu, sumonggo berbuka dengan teh manis aja, syukur-syukur dapet nasi bungkus cadangan, atau minimal sekerat roti sebagai pengganjal perut. Sangat disarankan punya kenalan orang dalam masjid, biar supply makanan bisa diamankan 😛

Kalau akhirnya agan-agan nggak dapet juga hidangan pembuka, silakan pantengin mahasiswi-mahasiswi  manis yang ikutan bukber di sana (‘kan “berbukalah dengan yang manis”, sepakat?).

Masjid Nurul Islam (Jakal KM 5, barat RM Padang “Sederhana”)

Hidangan buka puasa bersama di masjid ini sangat “Sederhana”. Maksudnya, nasi bungkusnya di-supply dari RM “Sederhana”. Jadi, kalau beruntung bisa dapet lauk ayam pop. Hmm….

Hidangan lainnya standar, segelas teh manis hangat. Waktu aman adalah sebelum jam 17.10 udah di tempat. Konsekuensinya kalau datang telat adalah nggak dapet nasi bungkus ala “Sederhana” alias dapetnya nasi bungkus ala “biasanya” 😀 . Tapi itu selera sih… yang penting jangan datang lebih dari 17.30 deh, kalau nggak mau cuma dapet biskuit doang.

Masjid Pogung Raya (MPR)

Kalau di masjid ini, sudah memenuhi aturan 4 enak berbuka alias ada makanan ringan manis, ada air, ada makanan berat, dan ada buah. Hidangannya dibagikan tiap saf di dalam masjid, teratur. Menunya kurma tiga biji (threesome emang lebih enak bro…), sebuah pisang, sebungkus nasi dan lauk pauknya, juga segelas teh manis.

Datang jam 17.30 masih bisa kebagian kok hidangan berbukanya, asal jangan pas azan aja baru nongol. Jangan lupa buat sholat maghrib di sana juga, jangan jadi orang yang SAP (Sudah Azan Pulang)!

Itu dulu deh FR-nya. Nanti bakal dilanjut lagi, rencananya sih mau dibikin tetralogi gitu 😀

NB: Jangan lupa sebelum buka puasa baca doa!

Iklan
Kategori:Cerita, Reportase
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: