Beranda > Cerita, Reportase > (FR) Masjid-masjid Yang Mengadakan Buka Puasa Bersama Gratis; Bagian 2

(FR) Masjid-masjid Yang Mengadakan Buka Puasa Bersama Gratis; Bagian 2


Melanjutkan postingan yang ini, berikut adalah kelanjutan field report dari petualangan saya “memburu” hidangan berbuka puasa di masjid-masjid yang ada di Jogjakarta.

Masjid Gedhe Kauman

Masjid yang menjadi simbol Kesultanan Ngayogyakarto Hadiningrat ini memulai acara berbuka puasa bersama dengan ceramah agama terlebih dahulu (layaknya di masjid-masjid lain). Jamaah bisa mengikuti acara ini mulai pukul 17.00 hingga beduk maghrib.

Hidangan berbuka puasa di mesjid ini standar, yaitu segelas teh hangat dan sebungkus nasi lengkap dengan lauknya. Kalau anda datang telat, ada baiknya anda mencari alternatif makanan tambahan karena sudah pasti anda hanya akan mendapat segelas teh dan sekerat roti (itu pun kalau anda beruntung). Jam telat di masjid ini kira-kira pukul 17.15, jadi harus buru-buru.

Acara berbuka puasa di Masjid Gedhe Kauman sangat ramai. Jamaah bahkan mencapai serambi luar dari masjid. Oleh karena itu, bila lokasi anda jauh dari masjid, datanglah lebih awal (supaya kebagian makanan).

Masjid Syuhada Kotabaru

Masjid yang berhadapan dengan Gereja Kotabaru memiliki agenda buka puasa bersama setiap harinya mulai pukul 17.00. Acara dimulai dengan kajian mengenai topik-topik yang berganti tiap harinya dan kontemporer.

Lanjut ke bahasan inti, hidangan berbuka puasa pun sama seperti masjid lainnya, standar zonder kurma. Hanya segelas teh hangat yang dipasangkan dengan sebungkus nasi rames. Tidak perlu terburu-buru untuk ikut acara buka puasa bersama di sini karena jamaah yang hadir tidak terlalu ramai. Meski begitu, perlu dipersiapkan setidaknya pukul 17.20 sudah ada di mesjid.

 

Iklan
Kategori:Cerita, Reportase
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: